01 Juli 2015

Tips Membangun Rumah dengan Dana Terbatas

3 Tips Membangun Rumah Dengan Dana Terbatas

Tips membangun rumah dengan dana terbatas sepertinya merupakan hal yang sangat dibutuhkan oleh semua orang. Setiap orang pastinya menginginkan mempunyai rumah mewah, besar, dengan halaman yang luas, dan terdapat kolam renang dibagian belakang rumah. Namun, apa daya, apabila semua keinginan tersebut terhalang oleh dana yang terbatas. Alasan klise ini sebenarnya ada benarnya, karena semua hal di dunia ini bisa didapatkan hanya apabila memiliki uang. Namun, jangan sampai berkecil hati karena masih banyak alternative lainnya yang bisa dijadikan sebagai pilihan utama dari kekurangan biaya tersebut.

Harga rumah sebenarnya murah, hanya berkisar antara 80 – 100 juta rupiah saja. Namun yang menjadikan harga semakin melambung dan semakin sulit untuk diraih ialah harga tanah yang semakin meningkat. Khususnya bagi warga yang berdomisili di kota-kota besar, semisal Jakarta, Bandung, Surabaya, Malang, dan Bali harga tanah disana bisa mencapai 2 juta rupiah untuk satu meter perseginya. Dengan realita tanah yang semakin meninggi, maka nilai jual rumah otomatis akan ikut meninggi. Hal ini dirasa cukup wajar, karena tidak ada seorang pun di dunia ini yang ingin merugi.

Tips membangun rumah dengan dana terbatas identic dengan rumah minimalis yang harganya masih tergolong wajar. Untuk satu unit rumah dengan konsep minimalis dijual dengan harga 80 – 100 juta. Harga tersebut sudah termasuk hak pemilikan tanah dan bangunan diatasnya. Rumah minimalis tentunya sangat banyak ragamnya, namun type 32 merupakan type yang sangat banyak dipilih oleh kalangan menengah ke bawah. Ada banyak anggapan bahwa rumah minimalis adalah rumah kecil atau rumah yang sempit, padahal tidak ada kemiripan antara kedua jenis rumah minimalis dan rumah kecil ataupun sempit.

Untuk memberikan kesan luas terhadap rumah minimalis, maka diperlukan beberapa cara untuk melakukannya. Tips yang pertama ialah pilihlah warna cat eksterior yang terkesan gelap namun bukan warna hitam. Warna cat pada bagian eksterior rumah minimalis bisa menggunakan warna abu-abu tua. Dengan warna pada bagian eksterior yang terkesan gelap, maka pandangan terhadap rumah tersebut akan menjadi lebih besar dari kenyataannya. Hal ini sering disebut dengan istilah fatamorgana namun dalam versi property khususnya rumah tinggal. Alasan dilarangnya penggunaan warna terang pada rumah minimalis, ialah hanya akan memberikan kesan lebih kecil dari ukuran sebenarnya.

Tips yang kedua ialah memberikan sentuhan cerah pada bagian interiornya. Dengan warna putih pada seluruh bagian dinding rumah, kesan terkotak-kotakan akan hilang. Selain penggunaan warna cat putih, perbanyaklah penggunaan material yang berbahan dasar kaca. Sifat dari kaca yang tembus pandang, akan lebih leluasa dalam memandang pada seluruh bagian dalam rumah. Dan jangan lupa untuk selalu memperhatikan jalur mobilitas didalam rumah. Pilihlah perabotan rumah yang multifungsi, agar dapat meminimalisir penggunaan ruangan. Dengan demikian, jalur mobilitas didalam rumah akan semakin luas. Hal ini tentunya sejalan dengan fungsi rumah minimalis, yang selalu mengedepankan unsur fungsionalitas.

Tips membangun rumah dengan dana terbatas atau yang identic dengan rumah minimalis yang terakhir ialah mengenai denah ruangan didalam rumah. Denah yang berfungsi sebagai landasan pembangunan sebuah rumah, tentunya harus dipikirkan dengan matang. Buatlah denah dengan konsep semi vertical, atau letak kamar mandi yang berada ditengah kamar tidur dan sejalur dengan dapur. Dengan rancangan denah yang baik, alokasi ruangan akan semakin besar dan semakin luas.

Do you want to share?

Do you like this story?

YOU MIGHT ALSO LIKE

Tidak ada komentar:

Posting Komentar