04 Juli 2015

Tips Memilih Furniture Kayu Jati

6 Tips Memilih Furniture Kayu Jati Asli Berkualitas

Furniture yang terbuat dari kayu sekarang ini masih menjadi pilih banyak orang. Ada dua jenis kayu yang biasa digunakan untuk membuat furniture yaitu kayu mahoni dan juga kayu jati. Namun yang banyak diminati adalah furniture yang terbuat dari kayu jati. Ini karena kayu jati selain berkualitas juga mempunyai kekuatan yang tahan lama. Tips memilih furniture kayu jati asli dan berkualitas ini akan membantu Anda dalam memilih furniture atau mebel yang terbuat dari kayu jati.

Kebanyakan orang masih asal pilih saja dalam membeli mebel kayu jati yang terpenting terbuat dari kayu jati. Padahal, tidak semua mebel kayu jati mempunyai grade yang sama dan kualitas yang sama.
Agar Anda tidak salah pilih dalam membeli furniture atau mebel yang terbuat dari kayu jati asli, Anda harus memperhatikan beberapa tips berikut ini dalam memilih furniture yang terbuat dari kayu jati.

1. Pilih yang bertekstur kokoh dan kuat

Tips pertama dalam memilih furniture yang terbuat dari kayu jati adalah pilih yang mempunyai teksture kayu yang kuat dan kokoh. Untuk melihat kekokohannya, Anda dapat mencobanya terlebih dahulu. Furniture yang kokoh akan nyaman dan tekstur kayunya kokoh dan tidak mudah patah. Selain itu, mebel yang kuat mempunyai bentuk yang simetris.

2. Pilih yang tidak ada cocoh

Cocoh atau lubang kecil pada kayu yang ada di mebel sangat berbahaya karena dapat menjadi sarang rayap dan membuat mebel cepat rusak. Ketika memilih mebel dari jati, sebaiknya Anda periksa terlebih dahulu semua bagian mebel dan pastikan tidak terdapat cocoh atau lubang sedikitpun.

3. Pilih kayu yang sudah berumur tua

Tips memilih furniture kayu jati yang paling penting adalah pilih furniture yang terbuat dari kayu jati yang sudah berumur tua. Semakin tua kayu jati yang digunakan, akan semakin kokoh dan kuat teksturnya. Ciri dari furniture yang terbuat dari kayu jati yang sudah tua yaitu warnanya merata coklat kemerahan. Selain itu, kayu jati juga harus mempunyai bobot yang lebih berat dan teksture serat yang lebih padat.

4. Lihat finishingnya

Ketika akan membeli furniture yang terbuat dari kayu jati, lihat finishing pada mebel. Pastikan jika finishingnya bagus dan tebal. Mebel yang mempunyai finishing yang bagus akan terasa haus jika dipegang dan juga diraba dengan tangan. Dengan memegangnya saja, Anda sudah dapat membedakan mana yang mempunyai finishing yang berkualitas dan mana yang tidak.

5. Pilih yang asli dari Jepara

Agar Anda mendapatkan mebel kayu jati yang berkualitas, Anda harus memilih mebel yang asli buatan dari Jepara. Mebel jati dari Jepara sudah dijamin mempunyai kualitas yang baik dibandingkan dengan yang lainnya.

6. Lakukan perawatan dengan tepat

Setelah mendapatkan mebel kayu jati yang asli dan berkualitas, Anda juga harus melakukan perawatan dengan baik agar tahan lama. Perawatan yang dapat Anda lakukan yaitu dengan menggosok mebel dengan cairan khusus. Cukup lakukan dua atau tiga bulan sekali.

Furniture atau mebel yang terbuat dari kayu jati memang mempunyai kualitas yang bagus dan tentunya harga juga sesuai dengan kualitasnya. Untuk itu, agar Anda tidak kecewa dengan furniture jati yang Anda beli, sebaiknya Anda harus jeli dan lebih teliti dalam memilihnya. Pemilihan yang tepat akan menjamin kualitas mebel yang bagus. Tips memilih furniture kayu jati yang sudah dijelaskan diatas dapat Anda jadikan sebagai panduan ketika akan membeli furniture yang terbuat dari kayu jati.

Do you want to share?

Do you like this story?

YOU MIGHT ALSO LIKE

Tidak ada komentar:

Posting Komentar