03 Juli 2015

Tips Membeli Tanah yang Aman

Tips Membeli Tanah yang Aman Tanpa Resiko yang Dapat Merugikan Anda

Tanah adalah merupakan investasi yang sangat menggiurkan. Oleh karena itu tips membeli tanah yang aman saat ini sangat dibutuhkan. Karena jika salah bertindak, maka kerugian besar mungkin saja akan menghampiri. Tanah yang merupakan harga tidak bergerak saat ini merupakan investasi yang paling besar dan paling menggiurkan. Investasi tanah adalah hal yang paling diminati oleh semua orang. Tetapi tidak semua orang dapat membeli tanah, terlebih lagi saat ini harga tanah melambung tinggi. Membeli tanah sebagai investasi adalah langkah tepat, karena tanah akan selalu memiliki kenaikan harga setiap tahunnya.

Setiap tahun, tanah selalu ditawarkan dengan harga yang lebih mahal dan bahkan berkali lipat. Jual-beli tanah saat ini bahkan juga dijadikan bisnis yang menguntungkan. Tidak harus mengurusi setiap hari, cukup dengan membayar pajak setiap tahunnya. Bahkan biaya pajak tanah terbilang kecil, tetapi keuntungan yang diberikan cukup besar dan menggiurkan. Bagi Anda yang memiliki niatan untuk membeli tanah, perhatikan tips dalam membeli tanah berikut. Tips ini akan membantu Anda agar tidak tertipu atau menerima kerugian pada saat membeli tanah. Pasalnya, saat ini banyak sekali orang yang tidak bertanggung jawab yang hanya ingin meraup keuntungan pribadi.

Jangan sampai tanah yang sudah Anda beli memiliki masalah yang membuat Anda rugi. Contohnya saja seperti keabsahan sertifikat tanah, sampai saat ini tidak jarang korban karena masalah ini. Selain masalah sertifikat tanah, masih ada lagi masalah lain yang dapat membuat Anda menanggung kerugian. Untuk itu, simak dengan seksama tips membeli tanah yang aman berikut. Tips membeli tanah yang pertama yaitu mengecek lingkungan sekitar tanah yang akan Anda beli. Periksalah karakter dari penduduk di sekitar tanah tersebut. Keamanan adalah hal utama yang harus Anda periksa sebelum Anda membeli tanah.

Jika lingkungan di sekitar tanah tersebut aman, maka setidaknya resiko adanya kerusuhan sangat kecil. Lingkungan yang aman juga akan memberikan Anda kenyamanan berada dalam lingkungan tersebut. Jika suatu saat Anda menggunakan tanah tersebut untuk dibangun sebuah rumah ataupun sebuah usaha, Anda tidak perlu khawatir adanya sebuah keributan. Selanjutnya, perhatikan juga jalan yang dilampaui untuk menuju lokasi tanah tersebut. Jika jalan yang dilampaui tidak terlalu jauh ataupun terjal, maka Anda dapat membelinya.

Untuk lokasi, setiap orang pasti menginginkan lokasi tanah yang strategis. Dalam hal ini, pilihlah lokasi tanah yang dekat dengan pusat perbelanjaan, rumah sakit, perkantoran, universitas dan hindari memilih lokasi yang dekat dengan pabrik, sungai dan juga tempat pembuangan sampah. Dengan begitu, jika suatu saat Anda ingin menjual lagi tanah tersebut dapat memiliki harga berkali lipat dari harga sebelumnya. Untuk mendapatkan tanah yang benar-benar murah dan aman maka hindari membeli tanah dengan calo. Jika pada saat itu Anda bertemu dengan calo, maka segera mintalah untuk bertemu dengan sang pemilik tanah.

Tips membeli tanah yang aman yang terakhir yang wajib untuk Anda lakukan yaitu memeriksa apakah tanah tersebut memiliki sertifikat resmi dan lengkap? Jika iya tanyakan dengan seksama setiap detik hal-hal yang Anda butuhkan. Karena harga tanah saat ini sangat tinggi, ada baiknya jika Anda didampingi juga oleh seorang notaris. Mintalah notaris tersebut untuk mengecek keabsahan sertifikat. Selain itu notaris juga dapat membantu Anda untuk membuatkan kuitansi pembayaran yang sah. Selanjutnya, Anda dapat melakukan balik nama agar tanah tersebut atas nama Anda. Itulah hal-hal yang dapat Anda lakukan sebelum membeli tanah, semoga tips membeli tanah yang aman ini dapat bermanfaat untuk Anda semua.

Do you want to share?

Do you like this story?

YOU MIGHT ALSO LIKE

Tidak ada komentar:

Posting Komentar