07 Juli 2015

Tips Renovasi Rumah dengan Biaya Murah

Tips Renovasi Rumah Dengan Biaya Murah: Alternatif Renovasi Hemat Hunian Anda

Hunian Anda mulai terlihat tidak sebagus dulu? Cat rumah mulai mengelupas, tembok dan lantai terlihat banyak retakan disana-sini? Itu tandanya Anda harus mulai merenovasi rumah Anda. Agar terlihat bagus kembali, Anda harus segera memperbaharui apa yang telah rusak. Renovasi rumah memang membutuhkan biaya yang tidak sedikit, terlebih lagi jika kondisi rumah Anda sudah tergolong rusak parah. Sebenarnya, merenovasi rumah tidak harus mengeluarkan banyak biaya jika kita mengetahui triknya. Bagi Anda yang ingin merenovasi rumah namun terkendala biaya, Anda dapat menyimak tips renovasi rumah dengan biaya murah berikut.

Langkah pertama untuk merenovasi rumah dengan biaya yang minim adalah buatlah konsep renovasi rumah terlebih dahulu sebelum Anda mulai merenovasi. Buatlah skala prioritas, list hal terpenting dan mendesak untuk dikerjakan lebih dahulu. Kemudian, usahakan pula Anda merancang bagian apa saja yang ingin Anda renovasi sehingga renovasi akan maksimal. Hal ini dimaksudkan agar Anda benar-benar hanya merenovasi apa yang memang seharusnya direnovasi dan tidak melebar pada hak-hal lain yang tidak penting. Membuat skala prioritas akan mempengaruhi besar biaya yang akan Anda keluarkan nantinya.

Jika Anda telah membuat skala prioritas untuk bagian rumah yang akan direnovasi, Anda kemudian dapat menyesuaikan biaya yang akan Anda anggarkan. Buatlah rincian dana yang diperlukan untuk merenovasi bagian yang telah diprioritaskan. Pastikan Anda tidak menganggarkan dana diluar apa yang ada dalam konsep prioritas, karena ini akan membuat dana Anda membengkak. Setelah Anda menganggarkan dana, langkah selanjutnya adalah pilihlah bahan-bahan renovasi yang tidak terlalu mahal namun cukup berkualitas. Atau alternatif lain, Anda dapat menggunakan bahan bekas yang masih layak dan juga berkualitas untuk dijadikan bahan renovasi. Penggunaan bahan bekas layak pakai dapat menguangi dan menekan anggaran renovasi rumah Anda.

Tips renovasi rumah dengan biaya murah dapat juga dilakukan dengan menghilangkan beberapa bagian dari pekerjaan. Anda tidak perlu membuat renovasi rumah Anda dengan sempurna. Contohnya, jika Anda sedang melakukan renovasi tembok yang mulai retak, Anda dapat membuat tembok rumah tanpa harus diplester. Tembok tanpa plester selain dapat menghemat biaya pembangunan dapat pula menjadikan rumah Anda tampak lebih artistik. Atau membuat tembok rumah dengan hanya plester kasar juga bisa membuat rumah terlihat artistik juga natural.

Untuk menghemat biaya pembangunan, Anda juga harus memperhatikan sistem pembayaran yang akan Anda lakukan. Secara umum, terdapat dua pembayaran yang biasa dilakukan saat pengerjaan rumah yaitu sistem borongan dan sistem pembayaran perhari. Sebagai saran agar renovasi rumah Anda tidak terlalu membengkak, pilihlah sistem pembayaran borongan dengan catatan Anda telah memiliki konsep prioritas untuk renovasi rumah yang telah jelas dan matang. Namun jika Anda merasa belum yakin tentang apa saja yang ingin Anda renovasi, sebaiknya Anda menggunakan sistem pembayaran harian.

Hal terakhir yang perlu Anda perhatikan yaitu mengenai waktu renovasi. Pastikan Anda merenovasi pada waktu yang tepat. Usahakan Anda merenovasi rumah pada saat Anda dan keluarga tidak mempunyai acara penting yang akan dilaksanakan dirumah. Karena hal tersebut dapat menghambat pekerjaan renovasi yang otomatis akan memperlama dan budget yang Anda keluarkan juga semakin besar. Selain itu, pastikan juga Anda merenovasi rumah tidak pada saat musim hujan tentu hal ini juga dapat menghambat pekerjaan renovasi. Tips renovasi rumah dengan biaya murah dengan memperhatikan waktu renovasi bukan tidak mungkin dapat menghemat biaya renovasi rumah yang Anda keluarkan.

Do you want to share?

Do you like this story?

YOU MIGHT ALSO LIKE

Tidak ada komentar:

Posting Komentar