04 Juli 2015

Tips Membeli Rumah Bekas di Perumahan

7 Tips Membeli Rumah Bekas Di Perumahan Yang Aman dan Strategis


Foto Rumah Bekas di Perumahan
Contoh Foto Rumah Bekas di Perumahan
Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas tips membeli rumah bekas di perumahan, sekaligus membahas mengenai bagaimana cara memilih dan juga membeli rumah bekas yang ada di perumahan. Tips-tips ini sangat berguna bagi Anda yang sedang mencari rumah bekas untuk ditinggali. Harga rumah bekas ini memang lebih murah dibandingkan dengan membeli rumah baru atau membangun rumah baru. Rumah bekas bisa menjadi solusi terbaik Anda yang sedang mencari rumah dengan harga yang murah. Membeli rumah bekas tidak boleh dilakukan dengan asal-asalan, oleh karenanya pilihlah rumah yang letaknya strategis. Tidak hanya letaknya saja tapi masih banyak hal yang harus Anda perhatikan ketika akan membeli rumah bekas.
Gambar Rumah Bekas di Perumahan
Rumah mewah bekas di perumahan.

Panduan Tips Membeli Rumah Bekas di Perumahan

Untuk membeli rumah bekas, Anda perlu memperhatikan berbagai hal penting agar Anda bisa mendapatkan rumah yang tepat dan sesuai dengan keinginan Anda. Berikut 7 tips untuk Anda yang ingin membeli rumah bekas.

1. Tentukan model dan desain rumah

Sebelum membeli rumah bekas, Anda harus menentukan terlebih dahulu model dan desain rumah yang Anda inginkan. Setelah menentukan model yang Anda inginkan, Anda akan dengan mudah mencari rumah bekas yang akan Anda beli. Memilih model dan desain ini dapat Anda lakukan dengan melihat berbagai contoh gambar rumah yang ada. Penentuan model dan desain ini sangat menentukan Anda dalam memilih rumah bekas di perumahan.

2. Lakukan survey lokasi

Tips yang kedua ketika akan membeli rumah bekas di perumahan adalah lakukan survey lokasi rumah yang akan Anda beli. Dalam survey lokasi ini, Anda perlu mengadakan analisis bagaimana kondisi lingkungan sekitar. Apakah rumahnya strategis atau tidak. Dengan melakukan survey lokasi ini, Anda dapat mengetahui siapa saja nanti yang akan menjadi tetangga Anda dan bagaimana keadaan di lingkungan sekitar.

3. Cek keadaan fisik rumah

Memeriksa keadaan fisik rumah dapat Anda lakukan bersamaan dengan survey lokasi. Pastikan jika kondisi rumah yang akan Anda beli masih bagus. Anda juga dapat menanyakan kepada pemilik rumah terdahulu berapa kali sudah dilakukan renovasi. Dalam melakukan pemeriksaan kondisi rumah ini, sebaiknya Anda lakukan secara mendetail dari bagian depan sampai belakang rumah.

4. Cek kelengkapan dokumen

Tips membeli rumah bekas di perumahan yang paling penting adalah memeriksa kelengkapan dokumen yang dimiliki oleh rumah. Pastikan jika rumah yang akan Anda beli sudah mempunyai SHM atau surat hak milik atas nama penjual atau jika Anda membeli dengan menggunakan perantara tanyakan SHM pada penjual. Selain itu, pastikan juga IMB sudah lunas terbayar. Dokumen yang lengkap akan mempermudah Anda dikemudian hari.

5. Pilih sesuai budget

Hal terpenting lainnya yaitu pilih rumah dengan harga yang sesuai dengan budget yang sudah Anda sediakan. Jangan paksakan untuk membeli rumah yang terlalu mahal dan tidak sesuai dengan budget yang tersedia.

6. Cek usia bangunan dan kelengkapan fasilitas

Menanyakan usia bangunan rumah dapat Anda lakukan langsung kepada pemilik atau penjual.Atau ketika Anda melakukan survey ke lokasi tempat rumah, Anda bisa menanyakan pada tetangga sekitar. Selain itu, Anda juga harus memeriksa kelengkapan fasilitas yang ada di rumah.

7. Adakan survey harga

Sebelum membeli rumah bekas, sebaiknya Anda lakukan terlebih dahulu survey harga rumah bekas. Dengan survey harga ini, Anda dapat memperkirakan berapa harga rumah bekas. Jadi, Anda tidak akan kecewa dengan harga rumah yang Anda beli.

Rumah Bekas Kecil Minimalis
Ilustrasi Membeli Rumah Bekas Kecil Minimalis di Perumahan

Membeli rumah bekas di perumahan harus Anda lakukan dengan teliti agar Anda mendapatkan rumah yang sesuai dengan keinginan Anda. Memang untuk melakukan pembelian rumah tidak bisa dilakukan dalam satu hari selesai memerlukan waktu yang cukup lama sekitar satu sampai dua bulan. Dengan panduan tips membeli rumah bekas di perumahan diatas Anda bisa mendapatkan rumah yang sesuai dengan keinginan Anda.

Do you want to share?

Do you like this story?

YOU MIGHT ALSO LIKE

Tidak ada komentar:

Posting Komentar