06 Juli 2015

Tips Memilih Keramik untuk Rumah

Tips Memilih Keramik untuk Rumah Klasik & Minimalis

Cara dan tips memilih keramik untuk rumah klasik memang membutuhkan perhatian khusus. Ini karena, jenis lantai keramik mempunyai berbagai macam model dan warna. Sehingga dengan memilih lantai keramik yang sesuai, maka akan memunculkan kesan indah di dalam rumah minimalis klasik. Sebelum memilih keramik seperti apa yang sesuai, sebaiknya kita ketahui terlebih dahulu tentang pengertian keramik. Secara umum, pengertian keramik adalah lapisan lantai bagian paling atas. Keramik mempunyai bentuk lebih halus dan modelnya bervariatif. Berbeda dengan ubin yang permukaannya lebih kasar dan terbuat dari bahan yang kurang berkualitas.

Banyaknya model dan corak keramik tersebut yang kadang membuat kita bingung memilih keramik. Model dan warna apa yang sesuai tentu harus menjadi perhatian utama. Dengan begitu, maka untuk membantu Anda menemukan keramik yang tepat, berikut kami berikan tips singkat cara memilih keramik lantai rumahklasik. Sehingga dengan memilih keramik yang tepat, rumah minimalis akan lebih indah sesuai tema rumah klasik. Berikut ini kami sajikan ulasannya untuk Anda:

Memilih Keramik Berdasarkan Jenisnya

Jika melihat berdasarkan jenisnya, keramik rumah terdiri atas 2 jenis. Pertama adalah jenis keramik yang menggunakan lapisan glazur dan kedua keramik tanpa lapisan glazur. Tips memilih keramik untuk rumah klasik yang sesuai adalah dengan model lapisan glazur. Karena keramik jenis ini tersedia berbagai macam corak dan warna. Untuk rumah minimalis klasik, sebaiknya pilih warna yang natural dengan ukuran 30x30 cm. Ini karena, ukuran tersebut merupakan ukuran yang paling sedang. Selain itu, ukuran tersebut juga akan memberikan kesan ruangan yang luas. Jenis keramik yang dilapisi glazur mempunyai kepadatan dan proses pembuatan dengan melewati proses pemanasan yang maksimal. Sehingga hal ini akan menjadikan lebih awet dan tahan berbagai cuaca.

Memilih Keramik Berdasarkan Fungsi

Memilih keramik juga membutuhkan perhatian berdasarkan fungsinya. Dalam hal ini, keramik terbagi menjadi 3 fungsi dengan corak yang berbeda. Ketiga corak tersebut adalah keramik embosse, keramik polos dan keramik bercorak untuk dekoratif. Model keramik embossed ini banyak digunakan untuk lantai kamar mandi. Karena keramik ini teksturnya kasar, sehingga tidak licin ketika menginjakkan kaki di lantai kamar mandi. Untuk menyesuaikan dengan konsep rumah minimalis klasik, ada beberapa pilihan corak seperti corak batu alam, corak seperti lapisan kayu dan sebagainya. Saat ini banyak produsen keramik yang membuat corak alami mengambil inspirasi dari alam.

Fungsi keramik yang kedua adalah keramik polos. Model keramik ini sesuai diterapkan pada lantai ruang tamu, keluarga dan kamar. Keramik polos ini teksturnya lebih halus dan mengkilap. Jika Anda ingin menerapkannya pada rumah klasik, maka Anda bisa memilih warna keramik yang natural atau yang bermotif alami. Sedangkan yang terakhir adalah keramik dekoratif yang biasanya digunakan pada dinding tembok seperti di dapur atau di teras rumah. Keramik dekoratif mempunyai motif cukup beragam, seperti keramik motif gambar atau motif natural. Untuk menambah kesan klasik dan mewah, Anda bisa memilih keramik dengan dekoratif alami seperti marmer.

Setelah mempertimbangkan kedua pilihan keramik diatas, selanjutnya Anda juga harus melihat kualitas keramik. Dilihat dari kualitas, keramik terdiri dari beberapa tingkatan. KW1 merupakan kualitas keramik yang terbaik KW2 dan KW 3 merupakan kualitas keramik yang ada dibawahnya. Harga tentu juga berpengaruh terhadap kualitas, maka untuk hal ini kembali ke Anda masing-masing. Namun sebaiknya, pemilihan keramik bisa Anda sesuaikan dengan anggaran yang ada. Semoga dengan artikel ini , Anda bisa menemukan inspirasi keramik yang sesuai untuk rumah Anda. Hunian idaman minimalis Anda akan lebih indah dengan tips memilih keramik untuk rumah Anda dari artikel ini.

Do you want to share?

Do you like this story?

YOU MIGHT ALSO LIKE

Tidak ada komentar:

Posting Komentar