04 Juli 2015

Cara Membeli Rumah dengan KPR

Tips dan Cara Membeli Rumah Dengan KPR Mudah dan Praktis

Rumah sekarang ini sudah menjadi kebutuhan pokok. Bahkan, sekarang ini untuk membeli rumah tidak harus dengan membayar penuh tapi juga dapat dilakukan dengan cara kredit. KPR atau kredit pemilikan rumah merupakan solusi yang diberikan bagi Anda yang ingin membeli rumah dengan budget yang sangat minim. Sebelum membeli rumah dengan KPR, Anda tentunya harus mengetahui bagaimana cara membeli rumah dengan KPR. Nah, sebelum membeli rumah dengan KPR, Anda tentunya harus mempersiapkan segala sesuatunya agar kredit yang Anda ajukan dapat cair. Dalam tulisan kali ini, kita akan membahas sedikit mengenai bagaimana cara mengajukan KPR.
Ada beberapa cara yang harus Anda ikuti agar KPR yang Anda ajukan dapat cair. Berikut beberapa cara dan tips yang harus dipersiapkan oleh Anda yang akan mengajukan KPR pada pihak Bank.

1. Cari tahu syarat pengajuan KPR

Yang pertama harus Anda lakukan ketika akan mengajukan KPR adalah mencari tahu apa saja persyaratan yang harus Anda penuhi. Persyaratan untuk mengajukan KPR pada setiap Bank secara umum sama yaitu fotocopy KTP, KK, surat nikah, NPWP, surat keterangan kerja, dan slip gaji. Jumlah dari persyaratan ini menyesuaikan dengan Bank yang akan Anda pilih. Selain dokumen yang telah disebutkan, mungkin ada beberapa dokumen lainnya yang harus Anda tambahkan. Untuk itu, mencari tahu mengenai syarat KPR harus Anda lakukan.

2. Menyiapkan dokumen sesuai syarat

Setelah Anda mencari tahu dan juga mengetahui apa saja persyaratan dari dokumen yang harus ada untuk mengajukan KPR tahap berikutnya, yang harus Anda lakukan adalah menyiapkan semua dokumen tadi. Dokumen ini sangat menentukan nantinya KPR Anda akan disetujui atau tidak. Untuk itu, siapkan dokumen persyaratan ini dengan sebaik mungkin.

3. Beli rumah sesuai dengan kemampuan

Cara membeli rumah dengan KPR yang tidak kalah penting adalah belilah rumah yang tidak terlalu mahal dan sesuaikan dengan kemampuan Anda. Pihak pemberi KPR tidak akan menyetujui KPR yang Anda ajukan jika rumah yang Anda beli diluar batas kemampuan Anda dalam membayar cicilan. Untuk itu, Anda harus selektif dalam memilih rumah dan menyesuaikannya dengan kemampuan Anda.

4. Hitung cicilan perbulan yang harus dibayar

Agar KPR Anda disetujui oleh pihak pemberi KPR sebaiknya Anda lakukan perhitungan terlebih dahulu cicilan yang harus Anda bayarkan setiap bulannya. Cicilan perbulan untuk KPR tidak boleh lebih dari 30% dari total gaji yang Anda terima. Jika melebihi, bisa dipastikan KPR Anda akan ditolak.

5. Mengajukan KPR pada Bank

Setelah semua dokumen siap, yang harus Anda lakukan adalah mengajukan KPR pada pihak Bank yang akan memberi KPR pada Anda. Anda dapat memilih Bank swasta maupun bank pemerintah.

6. Membayar cicilan tepat pada waktunya

Hal terpenting terakhir adalah ketika KPR Anda sudah disetujui Anda harus berkomitmen untuk membayar cicilan tepat pada waktunya sesuai dengan tanggal kesepakatan dalam membayar cicilan.
Membeli rumah dengan KPR memang terbilang gampang tapi sulit. Persiapan dokumen dan juga syarat yang harus dipenuhi harus Anda siapkan sebaik mungkin agar KPR yang Anda ajukan dapat cair. Dengan memperhatikan beberapa tips diatas, Anda akan dengan mudah mengikuti persyaratan yang diajukan oleh Bank untuk mendapatkan KPR. Tips dan cara membeli rumah dengan KPR ini akan sangat bermanfaat bagi Anda yang ingin mengajukan KPR untuk membeli rumah.

Do you want to share?

Do you like this story?

YOU MIGHT ALSO LIKE

Tidak ada komentar:

Posting Komentar