01 Juli 2015

Tips Memilih Cat Eksterior Rumah

Empat Tips Memilih Cat Eksterior yang Benar

Tips memilih cat eksterior tentunya akan sangat membantu dalam membangun sebuah rumah. Faktor estetika merupakan faktor yang tidak boleh dilupakan. Keindahan sebuah rumah mempunyai banyak keuntungan, baik itu bagi pemiliknya tau untuk orang lain. Keuntungan yang bisa didapatkan oleh pemilik rumah yang indah tentunya faktor kepuasan dan kenyamanan, dan keuntungan bagi orang lain ialah sebagai pemandangan yang enak untuk dilihat. Untuk mendapatkan keuntungan khususnya bagi sang pemilik rumah, maka wajib hukumnya untuk pintar dalam hal pemilihan warna cat. Dan hal yang harus diperhatikan ialah dalam memilih cat untuk bagian eksterior rumah.

Cat untuk bagian eksterior tentunya akan sangat berbeda dengan pemilihan cat pada bagian interior. Perbedaan tersebut tentunya ada alasan yang mendasarnya. Dan alasan mengapa cat untuk bagian eksterior berbeda dengan cat interior adalah dari daya tahan cat itu sendiri. Seperti yang diketahui bahwa bagian eksterior merupakan bagian rumah yang selalu berkontak langsung dengan cuaca atau keadaan lingkungan disekitar rumah. Dengan cuaca di Indonesia yang beriklim tropis, maka cat untuk bagian interior harus tahan dan kuat terhadap cuaca panas ataupun cuaca lembap dikala musim hujan.

Agar rumah idaman selalu memiliki penampilan yang baik, maka ada beberapa tips memilih cat eksterior. Tips yang pertama ialah pilihlah cat yang memiliki pigmen warna yang tahan lama. Untuk tips yang pertama ini, sebenarnya sukar untuk diketahui, karena beberapa produsen cat enggan untuk menampilkan kerekatan pigmen warna dari cat yang diproduksi. Salah satu cara untuk mengetahui kerekatan pigmen warna yang bagus ialah dengan melihat kekentalan dari car sebelum ditambah dengan bahan lain. Apabila kepekatan cat cukup baik, maka kepekatan pigmen warna juga akan baik.

Tips yang kedua dalam memilih cat untuk bagian eksterior rumah ialah dengan memilih cat yang memiliki daya melekat pada tembok yang baik. Untuk mengetahui apakah daya rekat suatu produk cat baik, ialah dengan melihat adakah perubahan warna pada cat setelah dicampur dengan bahan cair lainnya. Indikator cat yang memiliki daya rekat yang baik adalah warna cat sebelum dicampur dengan bahan lainnya, tidak mengalami perubahan warna. Tips yang kedua ini merupakan faktor yang sangat penting, karena dengan pemilihan cat yang benar, maka cat tidak akan mudah mengelupas. Dan ketahan dari cat tersebut bisa mencapai 4 tahun lamanya.

Tips yang berikutnya ialah memilih cat eksterior yang memiliki daya tutup yang bagus terhadap permukaan tembok. Dengan cat yang memiliki daya tutup yang bagus, maka cat akan memiliki ketahanan terhadap cuaca panas ataupun cuaca lembab dikala musim hujan. Untuk mengetahui daya tutup pada cat caranya sangat mudah, yaitu hanya dengan melihat texture dari cat. Texture yang lembut menandakan daya tutup cat tersebut bagus. Namun apabila pada cat terdapat buliran cat yang sedikit menggumpal dan teksturnya juga kasar, maka cat tersebut tidak memiliki daya tutup yang baik.

Dan tips memilih cat eksterior rumah yang terakhir ialah pilihlah cat yang bebas dari campuran bahan kimia. Penggunaan bahan kimia pada cat akan memberikan efek yang buruk terhadap kesehatan penghuni rumah tersebut. Ciri-ciri cat yang mengandung bahan kimia berbahaya ialah bau yang menyengat dari cat tersebut. Padahal, cat yang ramah terhadap kesehatan dan lingkungan sekitar adalah cat yang tidak memiliki bau.

Do you want to share?

Do you like this story?

YOU MIGHT ALSO LIKE

Tidak ada komentar:

Posting Komentar