05 Juli 2015

Tips Desain Interior Rumah Minimalis

Tips Desain Interior Rumah Minimalis 2015

Rumah minimalis telah menjadi tren properti yang semakin banyak dikembangkan oleh para developer properti. Hal tersebut sejalan dengan semakin banyaknya masyarakat yang menggandrungi rumah minimalis dikarenakan desainnya yang simpel namun tetap modern dan harganya relatif lebih terjangkau. Desain rumah minimalis yang simpel namun modern tersebut salah satunya ditunjukkan dengan desain interiornya. Bila ingin merancang sendiri, Anda perlu memperhatikan tips desain interior rumah minimalis berikut ini.

1. Pemilihan Warna Cat

Tips pertama dalam mendesain interior rumah minimalis yaitu dengan memilih warna cat yang tepat untuk rumah minimalis. Dalam memilih, sesuaikan warna cat dengan konsep utama dari rumah minimalis Anda, sehingga akan menghasilkan interior yang elegan dan mengesankan. Anda dapat memilih warna cat ruangan yang memiliki nuansa netral, semisal kuning gading ataupun abu-abu. Cat dengan nuansa netral akan memudahkan Anda dalam memainkan warna perabotan.

2. Penempatan Aksen Warna

Tips desain interior rumah minimalis kedua yaitu dengan menempatkan aksen warna cat ruangan di salah satu sisi saja. Dengan menempatkan pada salah satu sisi, akan menghindarkan kesan interior rumah yang ramai dan berlebihan, sehingga dapat mengurangi kenyamanan maupun keindahan. Untuk itu, tempatkanlah pada sisi yang dapat memberikan pengaruh ke seluruh ruangan.

3. Pemilihan Model Furniture Rumah Minimalis

Memilih model furniture yang tepat akan semakin menguatkan konsep rumah minimalis Anda. Model furniture untuk rumah minimalis yang tepat yaitu sederhana dengan tidak mengandung banyak aksen, namun tetap elegan. Ukuran furniture juga harus disesuaikan, mengingat ukuran ruangan yang tidak terlalu besar. Hal ini untuk menghindari kesan ruangan dan rumah yang sempit.

4. Kurangi Jumlah Hiasan

Desain interior rumah minimalis sebaiknya tidak menggunakan hiasan dengan jumlah yang banyak. Mengingat ruangan yang tidak terlalu luas, Anda perlu memperhatikan jumlah hiasan yang dipasang. Hiasan yang terlalu banyak justru akan membuat interior rumah Anda terkesan sempit dan norak. Anda cukup memasang hiasan sederhana namun berkonsep dan berukuran kecil.

5. Pemilihan Lampu

Untuk interior rumah minimalis, sebaiknya menghindari penggunaan lampu meja maupun lampu berdiri. Hal tersebut supaya ruangan tidak semakin sempit dan tidak mengganggu mobilitas Anda. Untuk itu, pilihlah lampu dengan konsep spot maupun indirect. Selain tidak membuat ruangan menjadi sempit, kedua jenis lampu tersebut bisa membuat kesan ruangan semakin elegan.

6. Berikan Batasan Variasi Warna

Desain interior rumah minimalis, sebaiknya perhatikan jumlah variasi warna yang dihadirkan. Bila Anda terlalu banyak memberikan variasi warna pada ruangan, bukan kesan cantik yang hadir, melainkan malah kesan norak. Untuk itu, Anda perlu memberikan batasan warna, cukup dua atau maksimal tiga warna dalam satu ruangan.

7. Utamakan Sisi Fungsional

Hal penting yang harus Anda perhatikan dalam membuat desain interior yaitu sisi fungsionalnya. Dengan konsep minimalis, Anda perlu menghadirkan sisi lain yang justru dapat membuatnya menjadi tampak menonjol, salah satunya adalah sisi fungsionalnya. Dengan begitu, interior rumah minimalis Anda menjadi semakin elegan.

8. Perhatikan Kebersihan

Interior rumah minimalis harus dijaga kebersihan dan kerapiannya. Dengan ukuran ruangan yang relatif kecil, kebersihan mutlak menjadi fokus perhatian. Sayang jika Interior rumah Anda yang elegan menjadi terkesan jelek dengan tidak bersihnya ruangan tersebut. Untuk itu, Anda harus rutin dalam menjaga kebersihan desain interior rumah minimalis. Interior yang bersih akan menunjukkan bahwa Anda merupakan pribadi yang sangat menyukai kebersihan dan kerapihan. Rumah sehat dan bersih tentu akan membuat penghuninya merasa nyaman.

Do you want to share?

Do you like this story?

YOU MIGHT ALSO LIKE

Tidak ada komentar:

Posting Komentar