21 Juni 2015

Tips Memilih Warna Cat Rumah Minimalis

Tips Memilih Warna Cat Rumah Minimalis Yang Tepat

Bagaimanakah tips memilih warna cat rumah minimalis yang cocok? Warna cat rumah merupakan elemen yang cukup penting pada sebuah rumah. Warna cat membuat tampilan rumah, baik interior maupun eksterior, menjadi lebih indah dan berkesan. Polesan warna yang tepat menghadirkan nuansa tersendiri bagi rumah tersebut. Meskipun saat ini menghadirkan dinding ekspos tanpa cat mulai menjadi trend, namun masih banyak orang yang beranggapan bahwa dinding tetap perlu diberi warna agar tidak terkesan membosankan. Namun, dengan banyaknya pilihan warna cat di pasaran, bagaimanakah cara yang tepat untuk memilihnya?

Sesuaikan Warna Rumah Minimalis dengan Tema

Menentukan warna cat yang tepat untuk rumah harus mempertimbangkan tema dari interior atau eksterior rumah tersebut. Memilih tema minimalis untuk rumah Anda berarti Anda harus menyingkirkan warna-warna pop yang cerah ataupun warna-warna tradisional yang cenderung gelap, meskipun warna-warna tersebut adalah kesukaan Anda. Ini dikarenakan, tema ruang minimalis lekat dengan warna-warna netral dan soft seperti putih, krem dan warna-warna muda. Namun, itu tidak berarti Anda tidak bisa sama sekali memasukkan warna-warna ceria dan menyala atau warna-warna gelap yang elegan. Warna-warna tersebut tetap dapat diaplikasikan, hanya saja tidak digunakan sebagai warna utama.
Warna-warna rumah minimalis memang harus dipilih yang mendukung tema tersebut. Tema rumah minimalis merupakan tema yang menonjolkan kesan simple, rapi, bersih dan tidak “ramai”. Oleh karena itu, warna dasar dari ruangan tersebut haruslah dipilih yang mendukung kesan tersebut.

Tips Memilih Warna Cat Dinding Interior Rumah Minimalis

Contoh tips memilih warna cat rumah minimalis, ruang tamu minimalis dapat mengambil warna kuning gading yang lembut dengan paduan warna hijau daun sebagai aksen. Kedua warna tersebut dapat dikombinasikan dalam ruangan yang mengusung tema minimalis. Namun tentu saja, warna-warna cat dinding ini harus didukung dengan elemen pendukung interior lainnya seperti pemilihan warna sofa, tirai, bantal dan karpet. Ini berarti warna-warna elemen pendukung interior harus disesuaikan.

Jika Anda mengambil warna dasar kuning gading dan hijau daun untuk diterapkan pada dinding ruang tamu, maka untuk warna sofa dan karpet bisa mengambil warna-warna tanah. Sedangkan untuk soft furnishing seperti bantal cushion, tirai maupun dekorasi interiornya, bisa menggunakan warna-warna alam lainnya asalkan tidak berlebihan. Dengan demikian, interior ruang tamu Anda akan terkesan nyaman, natural, simple dan minimal. Tema ruangan minimalis ini dapat diterapkan pada ruangan lainnya agar terkesan menyatu, terutama bagi rumah mungil.

Memilih warna cat untuk rumah kecil yang minimalis cukup identik dengan sesuatu yang simple namun enak dilihat. Warna-warna yang ringan sangat sesuai untuk digunakan pada rumah bergaya minimalis, sebaliknya warna-warna yang terlalu berat dapat mengurangi keindahan dan estetika serta merusak tema minimalis yang ingin Anda munculkan. Warna-warna yang terlalu berat memang tampak indah dan tegas untuk eksterior. Akan tetapi jika diterapkan pada interior, seringkali efek yang muncul adalah perasaan kurang nyaman sehingga pengguna ruangan tidak betah berada berlama-lama di dalam ruangan tersebut.

Tips Kombinasi Warna Cat Rumah Minimalis


Warna Cat Rumah Minimalis - Putih Hijau
Contoh kombinasi warna interior rumah minimalis - Putih & Hijau.

Satu lagi tips memilih warna cat rumah minimalis adalah dengan menerapkan corak dan kombinasi warna. Pilihan kombinasi warna bisa dibagi menjadi dua yaitu kombinasi warna senada, misalnya merah muda dan merah maroon, atau kombinasi warna kontras seperti kuning dan ungu. Anda juga dapat menerapkan kombinasi warna monokrom dengan warna terang, misalnya warna hitam atau abu-abu dikombinasi dengan merah. Jika ingin menampilkan suasana ruang yang lebih berani, tidak ada salahnya mengkombinasikan tiga warna sekaligus, misalnya coklat muda, merah tua dan hitam asalkan proporsional.

Do you want to share?

Do you like this story?

YOU MIGHT ALSO LIKE

Tidak ada komentar:

Posting Komentar