22 Juni 2015

Tips Memilih Warna Cat Dapur

Tips Panduan Memilih Warna Cat Dapur Agar Terkesan Segar dan Bersih

Apakah Anda sedang mencari ide untuk warna interior dapur Anda? Mungkin tips memilih warna cat dapur ini dapat membantu. Konsep sebuah dapur secara umum adalah ruangan harus efisien namun tetap estetis. Perhatian utama dari desain sebuah dapur adalah kemampuan untuk memanfaatkan ruang secara vertikal. Pemanfaatan ruangan secara vertikal membuat dapur terasa lebih luas dan lega. Oleh karena itu, penggunaan lemari penyimpanan yang digantung di dinding menjadi salah satu solusinya. Bahkan, pemilihan warna cat harus disesuaikan dengan warna furniture dapur, khususnya yang dominan seperti lemari penyimpanan gantung ini.

Desain sebuah dapur juga sebaiknya terbuka, khususnya jika dapur Anda berukuran kecil. Dapur yang dapat dilihat dari ruangan lainnya memberikan kesan luas. Akan tetapi, jika Anda lebih menyukai desain dapur yang tertutup, penggunaan partisi transparan lebih disarankan dibandingkan dengan pembatas berupa dinding masif. Dapur yang tidak terlalu tertutup memberikan kesan luas dan lapang. Untuk memperkuat kesan tersebut, Anda bisa memilih warna-warna yang dapat mendukung seperti putih, hijau atau warna-warna lain yang memberikan kesan segar dan bersih. Ini penting karena dapur biasanya merupakan area yang dipenuhi bahan organic seperti makanan, bumbu-bumbu dan lain sebagainya.

Agar dapur selalu terkesan bersih dan segar, kita dapat menyiasatinya dengan pemilihan warna cat interior. Salah satu tips memilih warna cat dapur adalah dengan mengaplikasikan warna hijau apel pada dapur. Hijau merupakan warna alam yang dapat membawa suasana relaks, segar, seimbang dan penuh ketenangan, terutama apabila dikombinasikan dengan warna putih. Kombinasi warna hijau apel dan putih yang diaplikasikan pada dapur sangatlah cocok. Hijau apel yang termasuk warna dingin terlihat menyegarkan, dengan demikian kegiatan memasak akan terasa lebih menyenangkan. Sementara warna putih memberi kesan bersih dan higienis.

Warna putih digunakan sebagai warna utama ruangan dapur. Aplikasikan warna tersebut pada dinding lantai dan plafon. Warna ini selain dapat membuat dapur terlihat bersih dan sehat, juga dapat membuat dapur terasa lebih luas. Warna putih memang memiliki kelebihan dalam menciptakan kesan luas pada ruangan. Kemudian, aplikasikan warna hijau apel sebagai aksen pada salah satu dinding atau pada kitchen set. Kombinasi warna putih dan hijau apel ini juga dapat diaplikasikan ulang pada perabotan pengisi dapur lainnya. Tambahkan beberapa kursi pantry warna hijau yang diletakkan di sekitar meja pantry berwarna putih.

Alternative lainnya adalah dengan menambahkan dekorasi dari keluarga warna hijau seperti hijau daun, hijau lumut atau hijau gelap pada tirai, peralatan masak dan home appliance lainnya. Desain seperti ini mampu membawa atmosfir kenyamanan, ketenangan dan kesegaran pada dapur sehingga dapur tidak hanya sekedar menjadi tempat memasak namun juga tempat yang nyaman bagi anggota keluarga lainnya. Kegiatan menyiapkan menu makanan untuk keluarga pun dapat dilakukan dengan perasaan tenang dan gembira.

Salah satu tips memilih warna cat dapur adalah sedapat mungkin menghindari atau meminimalkan penggunaan warna kontras pada dapur. Selain itu, sebaiknya tidak menggunakan terlalu banyak kombinasi warna dan motif sebab hal tersebut hanya akan membuat dapur terkesan sempit dan terasa penuh serta ramai. Dapur akan terlihat lebih baik apabila pada dindingnya diaplikasikan kombinasi dua atau tiga warna saja, dengan warna terang sebagai warna dasar dan warna yang lebih gelap sebagai aksen. Prinsip penerapan kombinasi warna ini akan membuat dapur terlihat lebih segar dan sehat.

Do you want to share?

Do you like this story?

YOU MIGHT ALSO LIKE

Tidak ada komentar:

Posting Komentar