21 Juni 2015

Tips Memilih Warna Cat Untuk Rumah Kecil

Tips Memilih Warna Cat Untuk Rumah Kecil Agar Terkesan Luas

Tips memilih warna cat untuk rumah kecil yang akan dibahas pada artikel ini sesuai untuk Anda yang seringkali dibingungkan dengan banyaknya pilihan warna. Ya, memang di pasaran saat ini tersedia berbagai macam warna cat rumah yang sangat indah. Bagi yang memiliki kreatifitas tinggi, tentu banyaknya pilihan ini menguntungkan karena mereka bebas menuangkan ide-idenya. Akan tetapi, bagi mereka yang awam, tentunya tidak mudah menentukan pilihan. Apalagi banyak dari warna-warna tersebut yang kelihatan mirip satu sama lain. Oleh karena itu, diperlukan panduan untuk memudahkan kita memilih warna yang tepat.

Warna Cat untuk Rumah Kecil Minimalis
Foto contoh Warna Cat untuk Rumah Kecil Minimalis.

Rumah kecil perlu disiasati agar tidak terkesan sempit dan penuh. Salah satu menyiasatinya adalah dengan memilih warna cat tembok yang tepat. Warna-warna terang dapat memberikan kesan luas dan lapang pada sebuah ruangan yang ukurannya kecil. Sebaliknya, warna-warna yang gelap memberikan kesan yang sempit dan menekan. Oleh karena itu, jika interior rumah mungil Anda ingin terlihat luas dan lapang, gunakan warna-warna terang seperti putih, krem, hijau muda, biru muda, coklat muda dan lain sebagainya. Warna-warna pastel juga dapat dijadikan pilihan untuk menyiasati keterbatasan ruang.

Kombinasi Warna Cat untuk Rumah Kecil
Gambar Contoh gabungan warna cat kamar tidur rumah kecil.

Jika Anda kuatir bahwa penggunaan warna-warna terang menjadikan ruang monoton dan membosankan, mungkin Anda bisa menerapkan tips memilih warna cat untuk rumah kecil dengan cara kombinasi. Kombinasi warna terang dan warna gelap juga dapat diaplikasikan pada ruangan berukuran kecil namun komposisinya harus diperhatikan. Gunakan warna-warna gelap hanya sebagai aksen, sehingga perbandingan antara warna terang dan warna gelap kira-kira 8 : 2. Sebagai contoh, jika Anda ingin menggunakan kombinasi warna coklat tua dengan krem, maka aplikasikan warna coklat tua hanya pada satu sisi dinding, sementara tiga sisi lainnya dicat dengan warna krem.

Kombinasi Warna Cat untuk Rumah Kecil
Contoh Kombinasi Warna Cat untuk Rumah Kecil.

Warna yang tepat juga dapat memperkuat karakter ruangan. Oleh karena itu, sebaiknya Anda menentukan terlebih dahulu tema interior dari ruangan yang akan dicat. Dengan demikian, warna cat pilihan Anda dapat memperkuat kesan yang ingin dimunculkan dalam ruangan tersebut. Sebagai contoh, jika Anda memilih tema post-modern pada interior ruang tamu, Anda dapat memperkuat tema tersebut dengan menggunakan warna cat tembok putih dengan aksen hitam pada beberapa area. Namun jika Anda lebih menyukai tema interior tradisional, Anda bisa memadukan warna cat coklat tua dengan krem.

Warna Cat Rumah Mungil
Warna pemilihan cat rumah mungil untuk ruang tamu.

Bagi Anda penyuka tema pop pada interior, tentu pilihannya jauh lebih leluasa karena tema pop identik dengan warna-warna ceria seperti merah, hijau, kuning, oranye dan lain sebagainya. Sesuaikan saja warna cat dengan tema ruangan yang diinginkan asalkan tetap menggunakan prinsip kombinasi warna terang-gelap yang proporsional. Warna cat rumah juga berperan dalam memberikan efek psikologi pada ruangan Anda. Warna kuning, misalnya, secara psikologi memberikan semangat dan keceriaan sehingga cocok diterapkan pada ruang tamu, ruang keluarga atau ruang makan.

Warna hijau atau biru memberikan rasa nyaman dan rileks sehingga sangat tepat untuk ruang tidur atau ruang belajar. Warna putih memberi kesan bersih dan higienis sehingga baik untuk diaplikasikan pada dapur atau kamar mandi. Jika Anda ingin ruang keluarga Anda berkesan mewah dan elegan, maka pilihan warna ungu sangat tepat. Pemilihan warna ruangan yang sesuai memang tergantung selera pemilik rumah tersebut, akan tetapi dengan menggunakan tips memilih warna cat untuk rumah kecil yang telah dibahas di sini diharapkan dapat membantu memberikan gambaran bagaimana sebaiknya menentukan warna cat untuk interior rumah kecil Anda.

Do you want to share?

Do you like this story?

YOU MIGHT ALSO LIKE

Tidak ada komentar:

Posting Komentar